Senin, 30 September 2013

hirarki organisasi kehidupan dalam biologi


Biologi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari kehidupan organisme, mulai dari mikrob, tumbuhan, hewan, sampai biologi manusia, sehingga Biologi boleh dikatakan merupakan induk dari ilmu-ilmu Pertanian dan Kedokteran. Oleh karena itu pengetahuan Biologi seharusnya menjadi pengetahuan dasar (basic sciences) bagi cabang ilmu-ilmu terapan tersebut.
Organisme hidup berinteraksi dengan lingkungannya yang berupa materi tidak hidup seperti gas dalam atmosfir, air, dan sinar matahari. Interaksi ini merupakan dasar suatu ekosistem yaitu hierarki tertinggi dalam suatu struktur organisasi kehidupan yang bisa dibuat. Suatu ekosistem, seperti hutan hujan tropika, mengandung semua organisme yang hidup dalam suatu daerah tertentu dengan komponen bukan hidup seperti tanah, udara,air, dan sinar matahari. Di bawah struktur organisasi ekosistem, semua makhluk hidup dalam hutan hujan tropika membawa suatu komunitas. Dalam komunitas organisme hutan hujan tropika terdiri dari berbagai spesies makhhluk hidup, salah satunya adalah spesies tupai terbang yang membentuk suatu populasi. Populasi tupai terbang merupakan kumpulan individu tupai terbang yang disebut kumpulan organisme.
Struktur di bawah organisme dalam tubuh seekor tupai terbang terdapat banyak sistem organ, seperti sistem pernapasan, sistem pencernaan, dan sistem saraf. Setipa sistem organ terdiri dari organ-organ, sebagai contoh organ utama dari sistem saraf adalah otak, yang terdiri kumpulan jaringan saraf. Dan setiap jaringan saraf. Dan setiap jaringan merupakan sekelompok sel yang serupa. Sel merupakan unit kehidupan yang terpisah dari lingkungan yang dibatasi oleh membran. Setiap jaringan mempunyai fungsi yang khusus yang ditampilkan oleh sel penyusunnya. Jaringan saraf yang membentuk sebagian besar otak, terdiri dari sel-sel saraf. Koordinasi otot untuk meluruskan kaki tupai waktu loncat melayang merupakan hasil jaringan komunikasi yang kompleks dari jutaan sel saraf yang membentuk jaringan saraf dalam otak.
Hierarki terkhir dari struktur organisasi biologi berupa molekul kimia. Sebagai contoh adalah DNA (deoxyribonucleic acid) yang merupakan molekul kimia pembentuk cetak biru suatu organisme, dan molekul penting yang diwariskan dari tetua ke zuriatnya, yang disebut gen. molekul kimia merupakan kumpulan partikel terkecil kimia yang disebut atom.
Kehidupan berlangsung dalam hirarki yang terorganisasi. Jadi hierarki organism dari yang terkecil hingga yang terbesar yang dipelajari dalam biologi, adalah sebagai berikut:
Dalam biologisel adalah kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup. Jaringan dalam biologi adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan-jaringan yang berbeda dapat bekerja sama untuk suatu fungsi fisiologi yang sama membentuk organ. Di biologi, organ adalah kelompok jaringan yang melakukan beberapa fungsi. Sistem organ merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsi-fungsi yang lebih kompleks lagi sehingga proses yang berlangsung di dalam tubuh suatu organisme dapat berjalan dengan baik sesuai aktivitas hidup organisme yang bersangkutan. Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam biologipopulasi adalah sekumpulan individu dengan ciri-ciri yang sama (spesies) yang hidup menempati ruang yang sama pada waktu tertentu. Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu.
Daftar pustaka :
http://repository.ipb.ac.id
http://id.wikipedia.org/wiki/Biologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar